4 Cara Mengajarkan Anak Membaca dengan Cepat di Rumah

4 Cara Mengajarkan Anak Membaca dengan Cepat di Rumah

Belajar membaca bukanlah sebuah proses alami yang akan terjadi dengan sendirinya. Melainkan hal kompleks yang memerlukan cara pengajaran tepat. Meski demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat anak bisa pandai membaca cukup mudah dan sederhana. Nah, berikut ini beberapa cara mengajarkan anak membaca dengan cepat di rumah.

1. Pahami Keterampilan Inti saat Mengajarkan Anak Membaca

Sebagai catatan, belajar membaca itu melibatkan berbagai keterampilan. Ada lima komponen penting yang perlu Anda ketahui sebelum mengajarkan anak membaca. Adapun kelima komponen tersebut sebagai berikut:

  • Kesadaran Fonemik: kemampuan mendengarkan dan memanipulasi suara berbeda tiap kata.
  • Fonetik: hubungan antara suara dan huruf yang dihasilkan.
  • Kosakata: Memahami makna kata, definisi dan konteksnya.
  • Pemahaman membaca: memahami makna teks.
  • Kefasihan: kemampuan membaca keras dengan pengertian, akurasi dan kecepatan.

2. Gunakan Lagu atau Sajak Bertemakan Anak untuk Membangun Kesadaran Fonemik

Lagu dan sajak bertemakan anak-anak nyatanya tidak hanya menyenangkan, melainkan bisa digunakan untuk membantu si kecil dalam belajar membaca lewat mendengarkan suara dan suku kata dalam sajak tersebut.

Selain itu, cara terbaik untuk membangun kesadaran fonemik dengan cara menyanyikan lagu yang diiringi dengan bertepuk tangan secara serempak. Serta hal ini akan membangun ikatan antara orang tua dan anak. Sebab, secara implisit hal ini juga akan mengembangkan kemampuan membaca si kecil.

3. Buat Kartu Kata Sederhana di Rumah

Cara membuat kartu kata ini sangat mudah. Dimana Anda hanya perlu menggunting kertas, kemudian menuliskan kata pada tiap kartu tersebut. Hal yang perlu dilakukan dalam permainan ini adalah mengajak anak untuk memilih kartu, lalu baca kata yang ada pada kartu tersebut. Selanjutnya, minta anak Anda untuk mengatakan suara pertama yang didengarnya.

4. Lakukan Permainan Kata

Anda juga bisa memperkenalkan permainan kata sederhana secara teratur untuk mengajari anak membaca. Fokus pada permainan yang bisa mendorong anak untuk mendengarkan, mengidentifikasi dan memanipulasi suara dengan kata-kata. Lakukan permainan ini beberapa kali dalam sehari supaya anak mulai tertarik untuk membaca.

Nah itu dia empat cara mengajarkan anak membaca dengan cepat di rumah. Satu hal yang perlu Anda garis bawahi adalah melakukan semua hal tersebut dengan rutin dan menyenangkan, agar anak lebih termotivasi saat belajar membaca.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *