5 Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Ibu di Masa Kehamilan

5 Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Ibu di Masa Kehamilan

Menjalani masa kehamilan bukanlah hal yang mudah bagi seorang perempuan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh maupun janin. Konsumsi makanan bergizi dan vitamin ibu hamil jelas sangat dibutuhkan. Jika ibu memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik maka perkembangan janin akan berjalan lebih optimal.

Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Tubuh ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang sangat beragam. Setiap jenis nutrisi tersebut menjalankan peran masing-masing bagi tubuh sang ibu dan janin. Penting sekali untuk mengedukasi diri sendiri terhadap kebutuhan dan fungsi nutrisi tersebut. Berikut adalah 5 jenis nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan:

1.                 Vitamin C

Jenis vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Ibu hamil harus menjaga kesehatan tubuhnya sebaik mungkin demi janin dalam kandungan. Selain itu, vitamin C juga sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pertumbuhan tulang dan kulit pada janin. Vitamin C ini cukup mudah untuk ditemui pada berbagai jenis bahan makanan alami.

2.                 Asam Folat

Berikutnya ada asam folat yang memang dikenal sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Asam folat akan membantu mencegah risiko bayi cacat lahir. Selain itu asam folat juga akan memperlancar produksi sel darah merah serta mendukung perkembangan sel saraf pada bayi. Asam folat juga sangat disarankan untuk dikonsumsi sebelum masa kehamilan.

3.                 Vitamin D

Ibu hamil juga butuh asupan vitamin D yang memadai. Vitamin D membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Selain didapatkan dari sumber makanan alami, vitamin D ini juga biasa diperoleh dari suplemen. Biasanya dokter akan memberikan asupan vitamin ibu hamil yang mengandung kadar vitamin D dalam dosis sesuai.

4.                 Zat Besi

Nutrisi lainnya yang juga penting untuk didapatkan oleh ibu hamil adalah zat besi. Zat besi ini akan membantu proses produksi sel darah merah. Bagi ibu hamil, zat besi ini sangat membantu dalam mencegah anemia serta memenuhi pasokan oksigen pada bayi. Zat besi bisa didapatkan dari konsumsi makanan harian seperti daging merah, ikan, juga sereal.

5.                 Protein

Dokter kandungan biasanya akan menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Zat gizi yang satu ini sangat penting untuk membantu mendukung proses pertumbuhan jaringan dan organ bayi. Selain itu, protein juga akan mendukung peningkatan suplai darah dari ibu ke tubuh bayi.

 

Demi kebaikan diri sendiri dan janin dalam kandungan, pastikan untuk makan makanan bergizi dan konsumsi vitamin ibu hamil. Dokter juga akan meresepkan produk suplemen ibu hamil yang mengandung nutrisi lengkap dan bermanfaat. Lakukan kontrol secara rutin ke dokter kandungan untuk memeriksa kondisi kandungan dan memastikan nutrisi Anda terpenuhi dengan baik.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *