6 Jenis Makanan Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Sakit Gigi, No.2 Paling Banyak Tidak Diketahui!

Kesehatan

Jika anda disuruh memilih antara sakit gigi dan sakit hati, mana yang anda pilih? Tentu tidak keduanya karena sama-sama sakit dan tidak enak. Sakit gigi  memang sangat mengganggu sehingga seringkali banyak yang buru-buru mencari obat untuk segera menghilangkan rasa sakitnya. Sebenarnya, sakit gigi dapat dicegah dengan mudah yaitu dengan melakukan perawatan terhadap kondisi mulut dan gigi. Beberapa kebiasaan baik seperti rutin menyikat gigi, menggunakan sikat gigi lembut serta pasta gigi yang tepat menjadi bagian dari usaha menjaga kesehatan gigi dan mulut. Meski sudah melakukan berbagai usaha perawatan, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja makanan yang dapat menimbulkan sakit gigi. Hal ini penting untuk diketahui guna melakukan pencegahan secara menyeluruh dan lebih berhati-hati.

1.      Soda

Banyak yang tidak menyadari bahwa minuman karbonasi atau bersoda menjadi salah satu jenis makanan yang berpotensi menyebabkan sakit gigi. Bagaimana tidak?! Kandungan gula yang tinggi pada minuman soda tentu berpotensi membuat gigi berlubang. Tidak hanya itu, soda juga memiliki kemampuan menjadikan kondisi dalam mulut menjadi kering, dimana pada kondisi ini bakteri lebih cepat berkembang. Jika sering minum minuman bersoda, maka imbangi dengan membersihkan gigi secara teratur.

2.      Permen Asam

Seringkali kita dapati anak-anak lebih rentan terkena sakit gigi. Hal ini bukan tanpa sebab, melainkan karena kebiasaan anak-anak yang suka makan permen menyebabkan gigi cepat rusak dan berlubang. Ya, permen menjadi jenis makanan nomor satu yang menjadi penyebab sakit gigi. Tidak hanya jenis permen dengan rasa manis saja, melainkan permen asam juga tidak kalah hebat dalam merusak gigi. Secara perlahan, permen yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering akan mengikis lapisan luar gigi. Dalam kondisi gigi sudah terkikis bagian luarnya, maka kemungkinan gigi rusak semakin parah akan lebih besar.

3.      Es Batu

Musuh gigi sehat lainnya yang tidak kalah sering dikonsumsi adalah es. Biasanya minuman es yang paling banyak dikonsumsi secara tidak sadar dapat menyebabkan sakit gigi. Terlebih bagi yang memiliki gigi sensitif, tidak dapat dipungkiri bahwa es dapat menyebabkan banyak masalah pada gusi dan mulut, mulai dari rasa nyeri, ngilu hingga sakit gigi. Hindari mengunyah es batu secara langsung jika tidak ingin gigi cepat rusak.

4.      Alkohol

Jenis minuman lainnya yang dapat membuat mulut kering adalah alkohol. Mulut yang kering akan mudah dihinggapi bakteri. Air liur yang berfungsi membersihkan sisa makanan serta melindungi jaringan lunak pada mulut, jadi berkurang intensitasnya akibat minum alkohol. Itulah sebabnya, orang-orang yang punya kebiasaan sering minum alkohol memiliki risiko yang lebih besar terkena sakit gigi bahkan kerusakan gigi permanen.

5.      Acar

Acar biasanya digunakan untuk tambahan makanan berat saat makan nasi dan lauk. Rasa acar yang segar dan sedikit asam memang mampu menggugah selera saat makan. Namun ternyata, banyak yang tidak menyadari dampak negatif dari makanan ini. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2004 di Inggris menunjukkan hasil bahwa acar menjadi jenis makanan penyebab sakit gigi nomor satu dibandingkan dengan jenis makanan lain. Hal ini terjadi akibat adanya cuka asam yang seringkali digunakan pada acar.

6.      Roti Putih

Sering sarapan pagi dengan roti putih? Jika ya, setelah sarapan roti jangan lupa untuk menyikat gigi karena sisa roti yang tertinggal pada mulut bisa diubah menjadi gula oleh air liur. Jika sisa roti tertinggal atau dibiarkan begitu saja, ini akan memicu timbulnya bakteri sehingga dapat merusak gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *