Apakah Mobil Diesel Tahan Terhadap Banjir?

Apakah Mobil Diesel Tahan Terhadap Banjir?

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil diesel, baik secara tunai atau kredit lewat pembiayaan Mistubishi Indonesia? Kalau iya, Anda barangkali sudah sering mendengar bahwa mobil bermesin diesel punya satu keunggulan yang tak dimiliki mobil bermesin bensin.

Keunggulan yang dimaksud adalah kemampuan lebih tangguh dalam menerjang genangan air, bahkan dalam kondisi banjir sekalipun. Contohnya Mitsubishi New Triton atau Pajero Sport, yang masuk ke dalam kategori SUV. Lalu, apa alasannya, ya?

Alasan mobil diesel lebih tahan banjir

Salah satu alasannya adalah karena mobil bermesin diesel tidak menggunakan busi. Jenis mobil seperti ini justru menggunakan nozzle, yang relatif lebih aman digunakan meski terkena air. Pasalnya, sistem pembakaran pada mesin diesel menggunakan glow plug yang memang lebih tahan air.

Selain itu, sistem kelistrikan mobil diesel lebih sederhana dibandingkan sistem kelistrikan mobil bermesin bensin. Oleh karena itu, mobil bermesin diesel juga memiliki risiko lebih kecil terjadinya hubungan arus pendek.

Di samping itu, postur bodi mobil bermesin diesel umumnya memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan mobil komersial ringan lainnya sehingga ketika menerjang banjir tidak akan terendam air.

Apakah tetap bisa diajak nekat menerobos banjir?

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, Anda barangkali langsung menyimpulkan bahwa mobil dengan mesin diesel tetap bisa diajak nekat melintasi banjir. Namun, sebaiknya mobil tersebut tidak digunakan untuk melintasi jalanan yang tergenang air bahkan banjir karena mobil bisa mengalami kerusakan, terlebih air masuk ke dalam ruang pembakaran. Yang mana, kondisi ini bisa menyebabkan water hammer alias kerusakan parah yang disebabkan karena air masuk ke dalam mesin mobil.

Oleh karena itu, meski Anda memiliki mobil SUV bermesin diesel sekalipun, jangan nekat dipakai untuk menerobos banjir, ya! Karena sekali lagi, mesin diesel berisiko mengalami kerusakan, yang pada akhirnya bisa membuat mesin mobil mati jika kemasukan air.

Apabila Anda nekat, maka mobil akan berisiko mengalami water hammer, yang mana untuk perbaikannya sendiri bisa menyedot biaya yang sangat besar.Apalagi, pada mesin diesel modern yang dilengkapi dengan turbo. Jika mengalami water hammer, maka komponen turbo tersebut harus diganti jika mengalami masalah karena air.Ditambah, mobil diesel juga dilengkapi banyak fitur canggih. Apabila komponen tersebut sampai terkena dan terendam air banjir, maka bisa dipastikan biaya perbaikannya jelas tidak sedikit. Jadi, sebaiknya hindarilah jalanan yang terendam banjir dan jangan nekat menerobosnya.

Itulah ulasan singkat mengenai alasan mengapa mobil diesel dianggap lebih tahan banjir. Meski lebih tahan terhadap banjir, tetap saja Anda sebaiknya tidak nekat untuk menerobos banjir, ya, karena berisiko membuat mobil rusak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *