Bahaya Bulu Hewan Peliharaan Anda

Kesehatan

Anda atau beberapa tetangga disekitar tempat Anda tinggal pasti ada yang memelihara hewan peliharaan, bukan? Beberapa jenis hewan seperti kucing dan anjing sudah umum dijadikan hewan peliharaan di dalam rumah. Namun, apakah Anda tahu bahwa bulu-bulu hewan peliharaan tersebut dapat menjadi sumber beberapa penyakit?

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh bulu hewan peliharaan. Penyakit tersebut antara lain adalah penyakit ISPA, Toksoplasma, Rhinitis dan beberapa penyakit kulit seperti Kurap. Berikut akan di bahas penyakit penyakit tersebut satu per satu.

Penyakit Akibat Bulu Hewan Peliharaan

Bagi Anda yang memelihara kucing dan anjing di dalam rumah, kebersihan serta kesehatan hewan pelaiharaan tersebut perlu Anda jaga dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat terhindar dari penyakit yang dipicu oleh bulu mereka yang rontok.

Penyakit pertama yang umumnya disebabkan oleh bulu hewan adalah Toksoplasma. Penyakit akibat parasit dari bulu hewan ini dapat menyebabkan penurunan fungsi kerja jantung, otak, otot dan organ reproduksi.Umumnya penyakit ini disebabkan oleh bulu kucing.

Penyakit lainnya adalah Rhinitis. Penyakit Rhinitis, khususnya Rhinitis alergi, dapat disebabkan oleh bakteri yang menempel pada bulu hewan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gejala dan penanggulangannya, Anda dapat mengakses laman web https://www.guesehat.com/gejala-rhinitis-dan-cara-penanganannya.

Selain Toksoplasma dan Rhinitis, ISPA juga menjadi salah satu penyakit yang disebabkan bulu hewan. Bulu hewan yang rontok dan kemudian tersedot masuk dapat menyebabkan ganggunan pada organ pernafasan Anda.Jika tidak ditangani secara cepat, maka Anda juga akan berisiko terkena Asma.

Untuk penyakit akibat bulu hewan yang menyerang pernafasan, Dokter akan memberikan Anda obat antihistamine. Obat jenis ini akan menekan pemicu alergi yang disebabkan oleh bulu hewan. Terkait serba-serbi obat, Anda dapat mengunjugi situs guesehat.com. Situs ini menyediakan informasi mengenai obat, mulai dari obat mengatasi alergi sampai dengan obat mengatasi perut kembung.

Terakhir, bulu hewan dapat memicu penyakit kulit. Kurap menjadi salah satu penyakit kulit yang kerap disebabkan oleh bulu hewan. Untuk mengantisipasi penyakit kulit, Anda disarankan untuk memandikan hewan peliharaan Anda secara teratur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *