Cara Melakukan Service AC Mobil Sendiri di Rumah

Otomotif

AC atau Air Conditioner menjadi penolong saat kita merasa gerah atau kepanasan di dalam mobil. Kenyamanan di dalam mobil akan berkurang jika terjadi kerusakan pada AC mobil, bahkan bisa berbahaya jika mengeluarkan gas beracun. Oleh karena itu, segera lakukan pengecekan sendiri sebagai service AC mobil di rumah.

  1. Periksa Kondisi Kompresor AC Mobil

Bagian kompresor AC harus diperiksa secara fisik dan kinerjanya. Untuk kondisi fisik, periksa apakah dinding kompresor AC kotor karena oli atau tidak. Sementara, untuk kinerja, Anda bisa memeriksanya menggunakan manometer gauge AC mobil sehingga akan terlihat apakah kompresor masih berfungsi secara maksimal atau tidak.

  1. Periksa Selang Fleksibel dan Pipa Alumunium

Kerusakan AC mobil bisa terjadi karena adanya kebocoran atau gesekan, baik selang fleksibel maupun pipa alumunium dengan komponen lainnya. Tanda pipa mengalami kebocoran adalah adanya bagian pipa yang basah pada bagian sambungan oleh oli. Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu bagian selang fleksibel dan alumunium dulu.

  1. Periksa Evaporator

Evaporator yang kotor juga bisa menjadi penyebab mengapa AC mengeluarkan udara sejuk sangat kecil, meskipun tenaganya sudah maksimal. Hal ini pastinya mengganggu kenyamanan ANda di dalam mobil bukan? Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan evaporator untuk mengetahui apakah kotor atau tidak.

  1. Periksa Blower

Jika Anda mendengar blower yang mengeluarkan suara berisik, maka bisa menjadi pertanda bahwa ada kotoran yang masuk. Untuk pengecekannya, Anda hanya perlu mendengarkan bunyi yang dihasilkan AC ketika mengeluarkan hembusan angin. Jika terdengar suara berisik, berarti terdapat kotoran pada blower yang harus dibersihkan.

  1. Periksa Kondisi Freon AC

Untuk memeriksa bagian ini, Anda harus melihat bagian sight glass pada receiver drier. Biasanya akan terlihat gelembung berwarna putih saat mesin mobil pada posisi idle dan kemudian saat di gas, akan berubah menjadi bening. Kondisi ini menunjukkan bahwa Freon masih cukup banyak sehingga tidak perlu ditambah.

Demikian informasi mengenai cara melakukan perbaikan AC mobil sendiri di rumah. Sebelum Anda membawanya ke jasa atau bengkel AC mobil, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika masih bisa diatasi sendiri, kenapa tidak? Namun, jika kerusakannya sudah parah maka Anda bisa percayakan pada yang ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *