Cara Mengatasi Gendang Telinga Pecah

Kesehatan

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi gendang telinga pecah. Anda harus tau bahwa gendang telinga merupakan sebuah bagian denganĀ  selaput tipis yang memisahkan bagian tengah dan luar telinga. Bagian ini disebut juga dengan membran timpani yang berfungsi menerima getaran pada gelombang suara.

Bagimana Cara Mengatasi Gendang Telinga Pecah?

Beberapa gejala gendang telinga pecah adalah saat telinga terasa tidak nyaman sepertia ada rasa sakit, keluar cairan dan berdengung. Selain itu terjadinya infeksi maupun cedera juga merupakan diantara penyebabnya juga. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini dunia kedokteran sudah mengetahui cara mengatasi gendang telinga pecah.

Walaupun sebenarnya saat gendang telinga pecah keadaan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan namaun dalam jangka waktu beberapa minggu. Namun saat keadaan tidak juga membaik maka lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis. Biasanya tenaga medias akan memberikan penanganan sebagaimana berikut ini:

  • Memberikan Antibiotik

Pertama yang akan dilakukan adalah dengan memberi Antibiotik dalam bentuk pil atau bisa juga berupa obat tetes telinga. Kedua bentuk obat tersebut berfungsi membersihkan jika ada infeksi serta melindungi telinga dari infeksi baru misalnya terkenanya telinga tengah dari robekan gendang telinga sebelumnya.

  • Penambalan gendang telinga

Maka saat gendang tidak mampu tertutup dengan sendirinya dokter spesialis THT akan melakukan penambalan gendang telinga. Salah satu caranya dengan mengoleskan bahan kimia pada tepi robekan hal tersebut berfungsi merangsang pertumbuhan selaput baru. Namun prosedur bisa dilakuakn berulang kali agar lubang tertutup dengan baik.

  • Melakukan Operasi

Operasi adalah jalan keluar terakhir yaitu dengan melakukan operasi timpanoplasti. Pada operasi ini akan dilakukan pencangkokan sedikit kulit dari tubuh pasien guna menutup lubang pecah pada gendang telinga. Setelah operasi tersebut pasien bisa pulang dan kontrol rutin seperti yang disarankan dokter.

Tugas Anda saat mengalami gendang telinga pecah adalah memperhatikan beberapa hal berikut ini sebagai upaya agar proses penyembuhan gendang telinga pecah bisa segera sembuh.

  • Usahakan menjaga agar telinga tetap kering.

Baik pada saat mandi Anda bisa meggunakan penutup telinga yang biasanya berbahan silikon atau bisa juga menggunkan kapas yang telah sebelumnya dibaluri petroleum jelly yang berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga.

Sedangkan selama pengobatan usahakan Anda tidak terlebih dahulu melakukan aktivitas berenang paling tidak selama beberapa waktu kedepan hingga gendang telinga telah dinyatakan pulih atau hingga diperbolehkan oleh dokter.

  • Hindari mengorek telinga

Saat mengalami gendang telinga yang pecah Anda bisa mengatasinya dengan menguragi atau tidak mengorek telinga sebab hal tersebut berisiko melukai gendang telinga itu sendiri.

  • Usahakan tidak menghembuskan napas dengan menutup hidung atau mulut

Saat proses penyembuhan maka Anda perlu menghindari kegiatan menghembuskan napas dengan menutup hidung atau mulut. Sebab hal ini dapat peningkatan tekanan dalam telinga, sehingga proses penyembuhannya menjadi lama sebab ada kembali luka pada gendang telinga.

Oleh karena itu saat telinga Anda terasa begitu sakit karena gendang telinga pecah, atau bahkan jika terdapat keluhan lain misalnya Anda terganggu pendengarannya sebab gendang telinga pecah maka tidak perlu ragu untuk untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan) hal tersebut tentunya agar Anda dapat diberikan penanganan yang tepat.

Demikianlah cara mengatasi gendang telinga pecah sesuai dengan prosedur medis namun Anda juga perlu membantu kesembuhan pada proses penyembuhannya dengan hal-hal yang telah diulas diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *