Hindari Kebotakan dengan 4 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut

Lifestyle

Dari Sabang sampai Merauke, tentu tidak ada orang yang ingin botak, apalagi kebotakan itu datang pada usia yang tergolong masih muda. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi atau minimal menghambat terjadinya kebotakan? Berikut ini adalah cara cepat menumbuhkan rambut  yang akan membantu kita mengatasi kebotakan.

Makan Buah-buahan secara Teratur

Sudah bukan rahasia umum apabila buah-buahan itu memang punya khasiat bagi tubuh manusia. Khasiat yang bisa kita dapatkan mulai dari ujung rambut paling atas hingga ujung jempol kaki, apalagi rambut kita pasti akan mendapatkan asupan vitamin C, vitamin A dan juga vitamin D. Vitamin tersebut sangat membantu pembentukan keratin rambut.

Kita bisa katakan bahwa keratin rambut merupakan hal yang jarang kita perhatikan namun apabila itu sampai terganggu, maka efeknya bisa sangat besar pada diri kita. Kebotakan dan rambut rontok biasanya berawal dari kurangnya asupan vitamin dan nutrisi. Faktor lain yang mungkin mempengaruhi itu adalah kurangnya protein intake.

Kita bisa mengamati apabila kita kekurangan protein warna rambut kita tidak lagi hitam bahkan sedikit kemerah-merahan. Hal itu disebabkan karena kurangnya produksi pigmen rambut dan ekskresi minyak pada kulit kepala yang berkurang. Untuk itu biasanya kita menggunakan vitamin rambut atau pelembab rambut untuk menjaganya tetap ternutrisi.

Oleskan Minyak Zaitun dan Minyak Kemiri

Untuk menumbuhkan rambut dengan cepat, tentu ada dua cara yakni cara melalui konsumsi makanan atau  dengan memberikan rangsangan pada kulit kepala. Kulit kepala kita mempunyai pori-pori yang berbeda dari kulit pada tubuh lainnya, rangsangan sedikit saja dapat memunculkan berbagai macam efek pada rambut dan kulit kepala.

Nah berdasarkan hal itu, jika Anda ingin menumbuhkan rambut coba oleskan minyak kemiri atau minyak zaitun. Caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskan minyak zaitun di jari kita kemudian diratakan di seluruh permukaan kulit kepala kita. Ulangi cara ini ini terus-menerus kira-kira selama 3 bulan hingga hasil yang diinginkan dapat terpenuhi.

Walau bisa dibilang tidak terlalu cepat, cara-cara alami ini lebih sehat daripada menggunakan obat penumbuh rambut. Tidak hanya soal menumbuhkan rambut baru, tapi merawatnya juga dapat menghambat munculnya kerontokan yang bisa berakibat kebotakan.

Pakai Vitamin Rambut secara Berkala

Tentu kita mengetahui bahwa vitamin rambut sangat dibutuhkan oleh rambut kering dan juga rontok dapat teratasi jika kita rutin memberikan vitamin pada rambut kita. Penggunaannya juga jangan terlalu banyak sebab malah bisa memicu kerontokan itu sendiri. Selain vitamin rambut kita bisa gunakan masker rambut, namun kita juga perlu kurangi penggunaan hair dryer.

Hair dryer memang membuat rambut kita lebih cepat kering pada keadaan basah, tapi tahukah Anda efek yang ditimbulkan dari terakhir adalah membuat rambut kita lebih rapuh. Beberapa pantangan yang harus kita hindari apabila ingin rambut kita lebih sehat dan juga terhindar dari kerontokan pada usia muda:

  • Penggunaan hair dryer
  • Kegunaan hair spray
  • Pewarna rambut
  • Pewarna temporary rambut
  • Rebonding dan aktivitas semacamnya

Rebonding juga curling secara jelas membuat rambut kita lebih rapuh dan juga rawan akan kerontokan. Penggunaan zat kimia dalam proses rebonding beserta panas yang diberikan, memberikan efek trauma kepada rambut secara tidak langsung. alangkah baiknya jika Anda tidak ingin rambut Anda rontok di usia muda maka hindarilah rebonding sebisa mungkin.

Gunakan Shampoo yang Berkualitas

Shampo menjadi salah satu faktor penentu dalam menjaga rambut kita dari kerontokan. Apabila kita salah memilih shampo, bisa-bisa kerontokan itu datang lebih cepat tanpa kita sadari, shampo yang berkualitas tentu akan membuat rambut Anda lebih berkilau dan juga lebih kuat saat digenggam.

Selain menjaga rambut dari kerontokan, menjaga kebersihan rambut setiap hari juga merupakan salah satu cara cepat menumbuhkan rambut. Apabila Anda kesusahan mencari shampo yang berkualitas dan juga pasti akan cocok di rambut Anda, cobalah Tresemme yang akan membantu Anda merawat rambut Anda menjaga tetap sehat dan juga berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *