Ibadah dan Donasi, Manfaatkan Aplikasi Umma Ramadhan

Tips

Pada masa pandemi seperti ini paling mudah adalah memanfaatkan teknologi dan aplikasi. Tetapi terkadang untuk melakukan ibadah kita kesulitan dalam pemanfaatan aplikasi. Umma Ramadhan telah hadir dan membantu ibadah anda serta melakukan donasi supaya lebih tepat sasaran serta mudah digunakan oleh banyak orang.

Kelebihan Aplikasi

Dengan aplikasi ini kita akan mendapatkan banyak hal. Jadwal sholat, arah kiblat hingga media sosial yang penuh dengan konten-konten religius. Tentu saja ini sangat penting untuk membangun lingkungan yang kental dengan suasana religius selama ramadhan. Aplikasi Umma akan membantu kita dan memudahkan kita dalam beribadah sehari-hari.

Dengan jadwal shalat yang diberikan oleh aplikasi ini kita akan lebih mudah dalam mengingat ingat waktu kita beribadah apalagi ketika kita berada di tempat yang tidak terlalu jelas suara adzannya. Hal ini akan membantu kita adalah menentukan waktu buka puasa agar lebih tepat. Jangan sampai puasa kita gagal karena kita tidak bisa memanage waktu dengan baik.

Selain itu pada saat sahur juga kita mengetahui kapan waktu imsak akan tiba. Dengan bantuan aplikasi ini kita akan lebih mudah menyiapkan makanan untuk sahur. Kita akan jauh lebih mudah dalam mengatur waktu untuk melakukan ibadah sehari-hari yang mungkin membutuhkan ketepatan waktu yang cukup presisi.

Tanya Jawab dengan Ustadz

Pasti akan datang waktunya dimana kita akan menemui masalah yang perlu kita tanyakan kepada ustadz ataupun ustadzah. Momen-momen seperti ini biasanya akan menyulitkan kita, tetapi berkat hadirnya aplikasi ini kita bisa menanyakan kepada ustaz langsung melalui smartphone kita masing-masing.

Apalagi jika problemnya termasuk hal-hal yang sensitif seperti kehidupan seksual atau mungkin masalah keluarga. Hal itu tentu akan membuat kita malu jika menggunakannya di depan forum. tetapi dengan aplikasi yang privat ini kita bisa bercakap langsung dengan para ustadz tanpa perlu kita datang ke forum terbuka untuk menyampaikan masalah kita.

Melakukan Donasi

Melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan ibadah dan juga melakukan donasi secara digital. Umma memiliki fitur khusus yang bisa digunakan untuk merekam kegiatan ibadah Anda selama bulan ramadhan. Anda akan mendapatkan 100 poin untuk satu aktivitas ibadah dan amalan harian yang Anda lakukan.

Jika Anda menggunakan fitur ini secara rutin setiap hari selama bulan ramadhan maka Anda akan berkontribusi kira-kira 574 ribu untuk donasi. Pada hari-hari tertentu Anda juga bisa mendapatkan poin bernilai lebih dari 100 per aktivitas. Namun, tentunya ada syarat dan ketentuan yang tetap berlaku.

Adanya fitur ini Umma Ramadhan menargetkan bisa mengumpulkan donasi sebesar 1 milyar. Umma juga bekerja sama dengan dua lembaga untuk menyalurkan donasi yaitu Kitabisa dan Dompet Dhuafa. Anda bisa memilih di antara dua lembaga tersebut untuk melakukan donasi.

Umma ingin mengingatkan umat islam agar tahu betapa pentingnya bersedekah. Donasi yang sudah terkumpul akan di donasikan dalam bentuk uang tunai dan akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan dalam bentuk parsel pada bulan ramadhan.

Harapan Umma bekerja sama dengan dua lembaga ini adalah untuk menularkan kebaikan dengan cara yang baik melalui platform yang baik. Umma juga mendukung umat islam menjadi lebih baik lagi.

Umma juga bekerja sama dengan Gojek di aplikasi ride-hailing, sehingga di aplikasi tersebut akan tersedia kartu berisi waktu sholat di beberapa kota. Namun, saat ini fitur ini baru tersedia di kota-kota di Jakarta.

Nah, selain beribadah tentunya Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Umma Ramadhan untuk melakukan donasi. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini Anda bisa mendownload melalui smartphone Anda atau melalui website umma.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *