Mengapa Tetap Perlu Memilih Asuransi Pribadi Selain Asuransi dari Kantor?

Mengapa Tetap Perlu Memilih Asuransi Pribadi Selain Asuransi dari Kantor?

Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pribadi untuk melengkapi benefit asuransi karyawan yang ditawarkan oleh kantor. Akan tetapi, tak sedikit yang beranggapan bahwa menambah proteksi dengan membeli asuransi pribadi tidak diperlukan. Apakah benar demikian?

Pertimbangan Menambah Asuransi Pribadi

Bagi Anda yang sudah mendapatkan asuransi dari kantor, tapi juga sedang mempertimbangkan kelebihan menambah polis asuransi pribadi, Anda bisa cermati beberapa poin berikut ini. Selamat membaca!

  1. Benefit asuransi dari kantor di bawah ekspektasi. Ketika Anda mendapatkan asuransi dari kantor, biasanya besar nilai pertanggungan atau kelas pelayanannya sudah ditentukan dari perusahaan. Artinya, ada kemungkinan bahwa nilai maupun kelasnya di bawah harapan Anda. Kalau begini, sebaiknya Anda tambah dengan asuransi pribadi agar Anda bisa mendapatkan kelas pelayanan yang diinginkan serta nilai pertanggungan yang dibutuhkan.
  2. Selalu ada kemungkinan nilai pertanggungan berkurang di masa depan. Dengan asuransi dari kantor, Anda tentu sepenuhnya mengikuti kebijakan perusahaan untuk seterusnya, termasuk dalam hal besaran nilai pertanggungan. Apabila perusahaan menghadapi masa sulit, bisa jadi perusahaan memutuskan untuk menurunkan nilai pertanggungan atau mengurangi cakupan proteksi. Misalnya, anak dan suami/istri tak akan lagi ikut di-cover oleh asuransi.
  3. Mekanisme klaim asuransi dari kantor yang merepotkan. Apabila Anda menilai atau malah sudah merasakan sendiri repotnya mengurus klaim asuransi dari asuransi kantor, tak ada salahnya untuk memiliki tambahan polis asuransi pribadi yang Anda nilai jauh lebih praktis proses klaimnya. Apalagi, pada dasarnya Anda tetap bisa bebas menambah polis asuransi meskipun Anda sudah punya asuransi dari kantor.
  4. Asuransi dari kantor hanya ada selama Anda masih bekerja di sana. Pada dasarnya, asuransi dari kantor adalah benefit yang diberikan perusahaan bagi karyawannya. Jadi, jika Anda memutuskan resign, pindah tempat kerja, atau sudah masuk masa pensiun, proteksinya akan langsung berhenti begitu Anda sudah tak lagi bekerja di sana. Oleh karena itu, membeli polis asuransi pribadi sebagai perlindungan ekstra sedini mungkin sangat dianjurkan, terutama untuk asuransi jangka panjang jika Anda ingin proteksinya berlangsung sampai Anda tua.

Bagaimana, apakah Anda memutuskan untuk tetap mengandalkan asuransi dari kantor saja, atau semakin mantap menambah polis sebagai proteksi tambahan yang optimal bagi diri sendiri? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda membuat keputusan dengan lebih bijak, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *