Mengenal Perilaku Konsumen di Era Digital yang Kian Beragam

Bisnis

Perkembangan yang begitu pesat di era digital ini membuat bisnis apapun menjadi terdampak. Bahkan, perilaku konsumen pun kian beragam sehingga membuat para penjual harus putar otak dalam mengenalinya dan melakukan yang terbaik agar mereka tetap bisa percaya pada si penjual. Sebenarnya, bagaimana perilaku para konsumen di era ini?

  1. Sering Membandingkan Kualitas Produk dari Review di Internet

Salah satu hal yang sering dilakukan konsumen di era digital sekarang ini adalah membandingkan kualitas produk dari review yang beredar di internet. Biasanya, mereka akan memanfaatkan laman pencarian seperti Google hingga media sosial dan kolom testimoni yang terdapat di suatu toko daring untuk mengetahui kualitas.

Oleh sebab itu, agar Anda bisa menarik perhatian konsumen dan lebih unggul dibanding kompetitor, Anda harus bisa memberikan kualitas produk dan layanan yang terbaik. Sebab, kini calon konsumen Anda pun bisa tahu bagaimana produk Anda. Kalau produk Anda oke, maka pelanggan pun akan puas dan memberikan timbal balik yang bagus juga.

  1. Mengutamakan Kemudahan Pemesanan dan Pembayaran

Perilaku lain dari konsumen zaman sekarang ini adalah lebih mengutamakan kemudahan dalam pemesanan serta pembayaran ketika berbelanja. Harga murah sudah tidak menjadi satu-satunya daya tarik bagi pelanggan. Kebanyakan pelanggan malah tak masalah membeli produk yang harganya lebih mahal asalkan kualitas dan layanan yang disediakan baik.

Kemudahan dalam membayar adalah salah satu tolak ukur utama saat ini. Sekarang, banyak toko daring yang memberikan pilihan bayar dalam bentuk cashless dan non tunai. Secara tak langsung, pelanggan memaksa setiap toko daring melakukan ini agar produk yang mereka jual laku.

  1. Menyukai Personalisasi

Hal lainnya yang disukai pelanggan di era digital ini adalah menyukai personalisasi. Masing-masing pelanggan memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda terhadap produk dan layanan yang diberikan. Melalui produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, Anda pun bisa memberi kepuasan tersendiri pada pelanggan.

Hal ini pun akan berdampak pada loyalitas pelanggan itu sendiri. Ketika pelanggan membutuhkan suatu yang sesuai dengan selera mereka dan itu ada di tempat Anda, maka pelanggan tersebut akan terus ingat bahwa mereka bisa mendapatkan apa yang mereka suka dan butuhkan di toko Anda. Inilah yang dimaksud dengan personalisasi.

  1. Tak Mau Ketinggalan Tren

Satu lagi perilaku para konsumen di zaman sekarang yang mau tak mau diikuti oleh pebisnis. Setiap konsumen hampir tak mau ketinggalan tren yang sedang terjadi. Peluang ini harus bisa Anda manfaatkan sebagai momen yang tepat guna menciptakan inovasi produk yang sesuai dengan apa yang tengah hangat di masyarakat.

Cara ini akan lebih efektif dan menghasilkan apabila Anda memiliki target pasar generasi millenial yang selalu update. Namun, apabila Anda tak memiliki waktu dalam inovasi produk, tak ada salahnya Anda memulai kreasi di bagian lain seperti pada saat pengepakan. Anda bisa mengepak barang dengan citra yang Instagramable dan sedang tren.

Pelanggan tentunya akan merasa puas dan memotret serta meng-upload di media sosial. Dalam waktu singkat, produk Anda pun bisa diburu oleh pelanggan yang tak ingin ketinggalan tren.

Itulah beberapa perilaku konsumen di era digital yang mau tak mau harus dipahami penjual atau pebisnis. Dengan mengenal perilaku para konsumen ini, pengusaha bisa menentukan strategi pemasaran secara tepat. Oleh sebab itu, tak ada salahnya luangkan waktu untuk riset pola pembelian lebih dulu untuk menentukan produk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *