Ragam Jenis Les Anak yang Cocok untuk Anak Zaman Now

Tips

Zaman yang makin berkembang salah satunya ditandai dengan pergeseran minat anak. Makanya, tak heran jika sekarang banyak les yang khusus mengasah keterampilan anak di bidang yang lebih modern, misalnya seperti desain atau animasi. Bagi Anda yang sedang mencari tempat les untuk si buah hati, bisa mempertimbangkan 5 tempat les anak zaman now berikut ini.

  1. Les Coding atau Pemrograman

Jika anak Anda punya ketertarikan dengan dunia IT, sangat direkomendasikan untuknya mengikuti les coding atau pemrograman. Keterampilan satu ini begitu dibutuhkan loh di masa kini. Bahkan, tak sedikit orang yang berani membayar tinggi bagi para ahli di bidang pemograman ini. Walau misalnya anak memilih untuk tak kuliah, kemampuannya sebagai programmer tetap akan sangat dibutuhkan.

  1. Les Bahasa Asing

Bahasa asing tetap jadi salah satu les yang begitu direkomendasikan untuk anak. Jangan hanya terpaku dengan Bahasa Inggris saja, setidaknya ada bahasa asing lain yang juga dikuasai oleh anak selain Bahasa Inggris. Bukannya mendiskreditkan Bahasa Inggris, namun juga mengingat bahwa Bahasa Inggris sudah diajarkan di sekolah formal.

Lalu, apa saja bahasa asing yang sebaiknya dipelajari oleh anak zaman sekarang? Salah satu adalah Bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin memiliki jumlah penutur yang begitu besar di seluruh dunia. Apalagi mengingat Cina juga memegang peranan penting dalam bidang ekonomi dunia. Anak bisa memanfaatkan keterampilannya ini dengan jadi penerjemah atau bekerja di perusahaan Cina.

  1. Les Gambar 3D

Jika Anda menyadari bahwa anak memiliki bakat menggambar, maka jangan pikir panjang untuk mengikutkannya ke les gambar 3D atau animasi 3D. Bak bermain sambil belajar, anak akan begitu menikmati proses lesnya ini, yang akan menempanya jadi animator sejati. Karirnya di masa depan pun dipastikan akan cemerlang, mengingat dunia kreatif sekarang ini begitu berkembang pesat.

Tempat les menggambar 3D berkualitas pun bukannya mustahil ada di Indonesia. Sebut saja ESDA atau Enspire School of Digital Art, waralaba pendidikan satu-satunya di Indonesia yang fokus dan unggul dalam hal pendidikan animasi 3D. ESDA yang telah memiliki cabang di lebih dari 30 tempat di Indonesia ini, bisa mulai mengasah keterampilan anak mulai umur 7 tahun.

  1. Les Desain Grafis Multimedia

Youtuber menjadi salah satu pekerjaan yang ingin dilakoni oleh anak zaman sekarang. Dengan adanya skill di bidang desain grafis, tentu saja kemampuan anak untuk menghasilkan video yang berkualitas akan semakin terasah. Anak akan menjadi video editor yang terampil di masa depan. Anda bisa mulai mengikutsertakan anak di les desain grafis ini saat ia mulai memasuki sekolah menengah.

  1. Les Menyanyi atau Les Vokal

Sadar akan suara indah yang dimiliki oleh anak, mengapa tak Anda ikutkan saja ia les menyanyi atau les vokal? Apalagi mengingat sekarang lagi musimnya video cover lagu di Youtube, yang mendatangkan banyak pundi uang bagi para penyanyi cover tersebut. Selain hobi anak tersalurkan, ia pun bisa memperoleh hasil dari hobinya tersebut sejak ia masih berusia dini.

Zaman sekarang, tak hanya mata pelajaran formal saja yang perlu dan wajib dipelajari di tempat les atau kursus. Anda bisa ikutkan si buah hati ke les gambar, vokal, bahasa asing, atau video editing, untuk mengasah kreativitas yang dimilikinya. Walau hanya sekadar les, tapi anak bisa memanfaatkan keterampilan khusus yang dimilikinya ini sebagai karir utamanya nanti di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *