Ternyata ini 7 Penyebab Klaim Asuransi Sulit Disetujui

Ternyata ini 7 Penyebab Klaim Asuransi Sulit Disetujui

Asuransi jiwa merupakan produk keuangan wajib yang harus Anda miliki sejak dini. Sebelum menikah pun, generasi Millenial harus memiliki asuransi jiwa yang memiliki banyak keuntungan. Mempersiapkan segala risiko finansial yang bisa terjadi tanpa bisa diprediksi, kenapa tidak? Jika terjadi risiko yang tidak diinginkan dalam kehidupan, bagaimana klaim asuransi jiwa kita

Penyebab klaim asuransi ditolak

Asuransi jiwa bisa memberikan rasa aman dan tenang pada kehidupan kita dari risiko yang tidak diinginkan seperti kematian, kecelakaan dan lain-lain. Anda tidak perlu khawatir memikirkan masa depan keluarga yang ditinggalkan berkat asuransi jiwa ini. Namun, ada beberapa penyebab klaim ragam asuransi ditolak pihak perusahaan yaitu :

  • Polis tidak aktif

Polis tidak aktif bisa disebabkan oleh pembayaran premi yang melewati masa tenggang atau polis asuransi jiwa unit link yang dianggap lapse atau dampak investasi buruk tidak bisa mengcover biaya asuransi keseluruhan.

  • Pengajuan klaim melebihi batas waktu

Batas asuransi jiwa lebih lama dibandingkan jenis asuransi lain yaitu 30-60 hari sejak pemegang polis meninggal dunia.

  • Tidak melengkapi dokumen 

Ada baiknya Anda melengkapi dokumen klaim yang dibutuhkan untuk mencairkan dana asuransi jauh-jauh hari. Dokumen yang tidak lengkap merupakan faktor utama klaim asuransi jiwa Anda ditolak.

  • Berada pada masa waiting period

Hal ini berlaku bila Anda berencana mengajukan klaim asuransi kesehatan atau jenis lainnya. Misalnya jenis asuransi kesehatan kronis yang memberikan masa tunggu minimal sebulan sampai setahun sehingga Anda tidak bisa mengklaim asuransi sebelum waktu tunggu habis. Selain itu, ada perusahaan asuransi yang tidak menerima klaim asuransi pada pemegang polis yang telah mengidap penyakit tertentu sebelumnya.

  • Penyebab yang masuk kategori pengecualian

Bagaimana klaim asuransi jiwa kita? Jika Anda memilih perusahaan asuransi yang tepat, maka klaim asuransi sangat mudah dan fleksibel. Ahli waris bisa mengisi formulir klaim, melengkapi semua dokumen dan menunggu pembayaran klaim asuransi dalam hitungan waktu yang cepat. Namun, ada beberapa pengecualian asuransi jiwa tidak bisa diklaim karena faktor penyebab kematian seperti bunuh diri, hukuman atau kriminalitas. 

  • Wilayah tidak termasuk dalam perjanjian

Jika Anda melakukan kontrak perjanjian asuransi, maka baca lebih cermat sebelum tanda tangan klausul. Bila wilayah hanya di Indonesia, maka Anda yang hendak mengajukan klaim asuransi di negara lain tidak akan mendapatkan persetujuan pihak perusahaan. 

  • Faktor penyebab lain

Setiap asuransi memiliki ketentuan yang mengikat pemegang polis yang tertera pada kontrak perjanjian. Ada banyak faktor lain yang menyebabkan klaim asuransi ditolak seperti limit berlebih, perusahaan Anda tidak menjamin asuransi karyawan lagi, pemegang polis terlibat kejahatan asuransi, dan lain-lain. 

Mengetahui penyebab klaim asuransi ditolak bisa menjadi referensi untuk Anda yang hendak membuka polis asuransi. Kini tidak perlu meragukan bagaimana klaim asuransi jiwa kita yang sangat mudah dan cepat. Selama Anda mematuhi setiap ketentuan yang ada pada perjanjian, maka klaim bisa disetujui tanpa ribet, kok. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *